5 Investasi Bodoh Yang Dilakukan Oleh Orang Cerdas

Investasi dapat menjadi sesuatu yang rumit. Jangan membuatnya semakin sulit dengan mengambil keputusan yang bisa dikatakan “bodoh”. Dibawah ini adalah 5 kesalahan dalam investasi terbodoh dimana dilakukan oleh orang cerdas.

  1. Berinvestasi yang tidak mampu dijalankan oleh anda

Pengelolaan uang yang bijaksana adalah proses langkah demi  langkah. Dua langkah yang paling penting untuk diambil sebelum berinvestasi adalah membangun dana darurat yang diisi dengan nilai 3 sampai 6 bulan dari biaya hidup yang penting dan terbebas dari hutang (semua hutang terkecuali hipotek yang terjangkau, dimana merupakan salah satu hal yang tidak memerlukan pendapatan kotor bulananmu lebih dari 25% untuk kombinasi hipotek, pajak dan asuransimu).

Satu-satunya pengecualian yang memungkinkan adalah aturan bebas hutang adalah saat anda bekerja untuk sebuah perusahaan yang menyediakan penyesuaian pada uang yang anda kontribusikan pada rencana 401(k). Itu seperti kesepakatan bagus, dan akan sangat disayangkan apabila dilewatkan. Jadi, jika anda mampu  untuk melakukan pembayaran minimum terhadap hutang dan pada  saat yang sama memberikan kontribusi yang cukup untuk rencana pensiunmu sekaligus mengambil keuntungan dari penyesuaian, lakukan itu. Jika anda tidak dapat melakukan keduanya, fokus pada hutangmu terlebih dahulu.

  1. Berinvestasi pada sesuatu yang tidak anda mengerti

Peter Lynch adalah salah satu manajer reksa dana yang paling terkenal di dunianya. Dia menjalankan Fidelity’s Magellan Fund mulai dari 1977-1990, menghasilkan rata-rata laba tahunan sebesar 29%. Itu sebuah prestasi yang mengagumkan.

Lynch juga memiliki bakat untuk mengajar orang lain yang penting untuk dilakukan dan yang tidak dilakukan dalam investasi. Dalam salah satu potongan nasihat yang paling terkenal, ia mengatakan jika anda tidak bisa menjelaskan investasi yang anda pikirkan setelah berusia 11 tahun, maka anda tidak mengerti dengan cukup baik untuk meletakkan uang yang sulit anda peroleh.

Jika anda berpikir tentang berinvestasi di saham individual, anda harus dapat menjelaskan sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan, siapakan yang menjadi pesaing utamanya, dan mengapa anda percaya bahwa itu layak dijadikan sebagai investasi. Jika anda berinvestasi dalam reksa dana atau dana yang diperdagangkan didalam bursa, anda harus bisa menjelaskan strategi secara menyeluruh dan dasar dari investasi tersebut. Serta anda harus dapat melakukannya dalam bahasa yang masuk akal untuk anak kelas lima.

  1. Investasi yang tidak sesuai dengan jangka waktu dan temperamen anda

Sebaiknya anda memikirkan semua uang yang telah anda investasikan sebagai portofolio tunggal. Itu berarti jika anda memiliki US$ 20.000 dalam 401(k) dan US$ 10.000 dalam Roth IRA, anda memiliki portofolio US$ 30.000. Jenis investasi tertentu yang anda pegang di seluruh portofolio harus didasarkan pada alokasi aset yang tepat dalam jangka waktu investasimu (umumnya, jumlah waktu yang anda miliki sampai anda berencana untuk pensiun) dan temperamen investasi anda (lebih dikenal sebagai resiko toleransimu). Ada sejumlah kalkulator alokasi aset gratis atau alat lain yang tersedia di Internet secara gratis, termasuk indeks Morningstar’s Lifetime Allocation Indexes.

Pastikan investasi anda mematuhi alokasi aset yang tepat untuk anda yang terbukti lebih penting guna meraih keberhasilan investasi jangka panjang daripada investasi spesifik yang dipegang oleh mereka.

  1. Investasi terdengar sangat baik untuk menjadi kenyataan

Penyebutan nama Bernie Madoff sudah cukup untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan jenis investasi bodoh. Serta dipublikasikan sebagai skandal Madoff’s Ponzi, skema baru Ponzi tetap ditemukan hampir setiap minggu. Rupanya, ada penonton besar dari orang-orang yang dengan mudah mengelabui ke dalam investasi yang sangat baik untuk menjadi kenyataan.

Setiap kali anda mendengar tentang investasi yang “tidak dapat dilewatkan” atau salah satu yang “dijamin” meningkat dengan persentase tertentu, anda tidak boleh begitu saja berpikir dua kali tentang membuat investasi tersebut; anda harus memutuskan saat itu juga dan itu bukan untukmu.

  1. Investasi yang anda pikir tidak mampu untuk dilakukan

Salah satu bahan yang paling penting untuk sukses saat berinvestasi adalah waktu. Sedangkan orang-orang yang baru memulai karir umumnya tidak memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi, itulah waktu yang tepat untuk memulai investasi serta merupakan cara cepat dapat uang.

Waktu adalah sesuatu yang memungkinkan anda untuk mengambil keuntungan penuh dari bunga majemuk. Pada intinya, bunga majemuk mengacu pada bunga yang menghasilkan bunga. Misalnya, jika anda menginvestasikan US$ 200 dan menghasilkan laba tahunan sebesar 10%, satu tahun kemudian anda akan mendapatkan US$ 20 dari bunga tersebut. Tahun berikutnya, jika anda mendapatkan 10%, anda tidak hanzya mendapatkan US$ 20; namun anda juga akan mendapatkan US$ 22. Itu karena US$  20 yang didapatkan pada tahun pertama juga akan mendatangkan bunga. Bukan masalah yang besar, pikirmu? Mari kita melihat sebuah contoh.

Sekarang Ned tidak mendapatkan namanya oleh karena menunggu kesempatan yang baik. Dia melakukannya dengan rutin, terutama saat datang ke dalam investasi. Dia mulai berinvestasi US$ 200 perbulan pada usia 20 tahun, dan terus melakukannya selama 50 tahun dan menghasilkan rata-rata laba tahunan 7%. Setelah 10 tahun, Ned telah menginvestasikan US$ 24.000 dan memperoleh bunga US$ 10.617. Sangat bagus, tetapi tidak ada yang spektakuler.

Mari kita langsung beralih. Setelah lewat 50 tahun, Ned telah menginvestasikan US$ 120.000 – sangat mengesankan bagi dirinya sendiri. Tetapi ia mendapatkan bunga hampir US$ 970.000. WOW!!! US$ 120.000 berubah menjadi lebih dari US$ 1 juta.

Itulah yang terjadi saat bunga majemuk diberikan waktu untuk bekerja. Namun, jika ia memutuskan untuk tidak mampu berinvestasi di usia muda dan menunggu hingga dirinya berusia 30 tahun maka ia hanya menginvestasikan US$ 96.000 – kurang US$ 24.000 – tetapi rekening investasinya akan bernilai sekitar US$ 565.000. Pelajaran yang bisa diambil? Untuk mengambil keuntungan penuh dari kekuatan bunga majemuk, mulailah berinvestasi sesegera mungkin.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa sukses dalam berinvestasi hanyalah tentang memainkan permainan yang bagus untuk menyerang, sembari menangkap semua pasar yang anda bisa. Pada kenyataannya, ini sama pentingnya untuk memainkan pertahanan yang baik, menghindari 5 kesalahan besar seperti yang telah saya sebutkan diatas.